Kamis, 02 Juni 2016

Food Facts: Flavor #2


Helloo, welcome again:) Langsung aja ya simak kelanjutan Food Facts tentang Flavor beberapa hari yang lalu. Cekidot!
Para ilmuwan dan ahli flavor di seluruh dunia berusaha mengelompokkan seluruh flavor, baik aroma maupun taste, agar lebih mudah dipetakan. Mind map ini sering disebut flavor wheel.
Flavor Wheel
Namun, dengan adanya penyederhanaan ini, bukan berarti flavor hanya terbatas pada nama-nama tersebut saja. Perkembangan dunia flavor sangatlah dinamis, sangat banyak kombinasi-kombinasi yang akan memunculkan flavor baru nantinya.

Q: Apakah semua flavor dapat dideteksi indera manusia?
A: Semua flavor menghasilkan rangsangan tetapi hanya rangsangan yang mencapai ambang limit deteksi tertentu yang dapat dideteksi oleh hidung atau mulut
Ya, flavor hanya dapat tercium atau terasa apabila telah melewati ambang batas (threshold) deteksi. Kita ambil contoh kopi. Sebenarnya aroma yang dihasilkan dari kopi berjumlah ratusan tetapi tidak semuanya tercium oleh hidung kita. Hanya senyawa volatil dominan lah yang mampu kita cium yang mengalahkan senyawa-senyawa lainnya. Perlu Anda ketahui pula, sampai saat ini ilmuwan belum menemukan senyawa flavor sintetis untuk menggantikan aroma kopi alami loh!

Tahukah Anda berapa salary yang diterima oleh seorang flavorist (ahli flavor/pencicip)?
Menurut situs Inside Jobs berikut, gaji seorang flavorist berkisar antara $39,000 – $116,000 berdasarkan standar US Department of Labor. Nilai ini bahkan melebihi gaji seorang Food Scientist yang bergelar professor! Mengapa demikian? Industri pangan sangat menghargai sensitivitas lidah dan kemampuan menginterpretasi seorang flavorist. Tidak sedikit para flavorist kompeten di dunia yang mengasuransikan lidah mereka. Seorang dosen saya yang adalah seorang flavor scientist (bukan flavorist) pernah menceritakan pengalamannya ketika dalam suatu penerbangan yang sama, sang flavorist mendapatkan kelas seat yang lebih tinggi daripada flavor scientist. Ini membuktikan bahwa menjadi seorang flavorist akan sangat bernilai meskipun memang tidak semua orang berbakat dalam hal tersebut. Anda tertarik menjadi flavorist???
Sangat banyak sebenarnya yang masih ingin saya ceritakan tentang flavor. Tapi nggak mungkin cukup dalam blog yang pendek ini karena ilmu dasar tentang flavor sendiri merupakan mata kuliah tersendiri selama 1 semester di kampus saya hahaha😀 Jadi, sekian dari saya. Semoga ilmunya bermanfaat. Farewell!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar