Rabu, 08 Juni 2016

Apa itu Flavor

Flavor adalah sensasi yang diterima oleh otak melalui lidah dan indra penciuman (hidung). Otak kita mengenal aroma-aroma tertentu seperti aroma jeruk, kacang, ayam panggang, dll. Aroma lebih penting bagi otak untuk mengartikan/mengenal apa yang kita makan. 
Sedangkan taste/rasa adalah reaksi yang diterima lidah dan oleh otak diartikan sebagai sensasi rasa (asin, asam, pahit, manis dan savory).

Flavor suatu makanan atau minuman bisa diubah dengan hanya mengganti aromanya saja, maka dari itu orang sering mengartikan flavor sebagai aroma karena memang aroma-lah yang mempengaruhi flavor/sensasi yang diterima otak (sensasi rasa jeruk, rasa soto ayam, dll)

Jika ada 2 macam buah, misal Jeruk dan Kiwi. Kedua buah tersebut memiliki rasa yang sama yaitu manis dengan sedikit rasa asam/masam. Bagaimana anda membedakan kedua buah tersebut? Tentu saja dari penampilan, tekstur dan AROMA masing2 buah tersebut.

Flavor adalah aspek terpenting dalam kebiasaan makan kita. Flavor tidak dibutuhkan oleh tubuh tapi sangat mempengaruhi selera makan kita. Bayangkan jika ada makanan dengan kandungan karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral yang cukup tetapi tidak memiliki rasa dan aroma.

Dari bahasan ini kita dapat simpulkan bahwa sebenarnya kita makan bukan hanya untuk memenuhi kebutuhan tubuh, tetapi juga untuk memenuhi kebutuhan psikologis kita.

sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar